Kiat Pilih Jas Hujan Terbaik untuk Keselamatan Anda

129 views

Memasuki musim penghujan, selain harus memperhatikan kondisi kendaraan, misalnya ban apakah aus atau tidak namun juga harus memperhatikan pelindung yang Anda kenakan seperti jas hujan. Jas hujan ini pada dasarnya ada 2 macam yaitu ponco dan setelan atasan-bawahan. Untuk memilih jas hujan terbaik untuk Anda, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan dengan baik.

Pertama adalah sebaiknya hindari jenis jas hujan ponco. Jas hujan ini memiliki model yang panjang di bagian belakang yang biasanya dipilih agar ketika hujan, orang yang dibonceng tetap bisa berlindung dari hujan walaupun tidak mengenakan jas hujan sendiri. Walaupun memiliki keunggulan bahwa jas hujan tersebut mampu menampung lebih banyak barang atau melindungi lebih banyak penumpang, namun kala dipergunakan sendiri, jenis jas hujan ini memiliki resiko yang tinggi untuk menimbulkan kecelakaan. Hal ini disebabkan karena bagian belakang jas bisa masuk ke roda belakang jika tidak diduduki ataupun dibiarkan berkibar.

Kedua adalah pertimbangkan mengenai bahan yang dipergunakan. Ada beberapa jenis bahan yang dipergunakan untuk membuat jas hujan terbaik, yaitu:

  • Bahan plastik: biasanya memiliki harga yang sangat murah dan umumnya dipergunakan untuk melindungi tubuh dari hujan dalam jangka waktu yang pendek misalnya saat ke sawah atau saat ke pasar. Namun jenis bahan ini memiliki ketahanan yang rendah.
  • Bahan PVC memiliki bobot yang ringan namun tebal akan tetapi, mudah sobek dan harganya murah.
  • Bahan parasut yang lebih anti air dibandingkan PVC. Jenis jas hujan dari bahan ini punya bobot yang ringan dan halus namun lebih tebal.
  • Nylon campuran yang memiliki lapisan dalam yang tidak panas namun, kelemahannya di bagian jahitan akan terasa kelembabannya disebabkan karena dijahit secara manual atau di press.

Ketiga adalah pilih yang memiliki setelan atasan dan bawahan. Hal ini bertujuan agar jas hujan yang Anda pergunakan bisa melindungi tubuh dengan lebih maksimal apalagi jika Anda kehujanan dalam jangka waktu yang cukup lama. Jangan lupa untuk pertimbangkan ukuran yang lebih besar hingga 2 nomor agar saat Anda membawa tas yang isinya cukup besar, Anda bisa melindungi tas Anda dengan menggunakan jas hujan tersebut.

Keempat adalah pilih jenis warna jas hujan yang terang. Anda bisa memilih warna hijau atau warna orange agar lebih mudah dilihat saat malam hari. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang memilih warna gelap karena jika menggunakan warna terang akan terlalu mencolok. Solusinya adalah Anda bisa memilih jenis jas hujan dengan warna yang gelap namun, dilengkapi dengan strap berwarna hijau terang atau orang di bagian depan dan belakang jas agar strap tersebut terlihat saat terkena sinar terutama di malam hari dan saat hujan deras.

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan saat memilih jas hujan terbaik yang tepat untuk Anda adalah:

  • Hindari memilih jenis jas hujan yang dijahit. Hal ini disebabkan karena saat dijahit, akan ada lubang atau celah yang bisa menjadi jalan untuk air masuk ke dalam bagian dalam jas yang membuat Anda tetap basah walaupun sudah menggunakan jas hujan.
  • Pilih yang menggunakan jenis resleting yang terbuat dari tembaga ataupun kuningan sehingga bisa lebih awet dibandingkan dengan resleting yang menggunakan bahan besi atau plastik yang akan mudah rusak dan terlepas ataupun berkarat.
  • Jangan terlalu mematok budget karena semakin mahal biasanya akan bertahan lebih lama.