Pentingnya Memperhatikan Tenor Pinjaman Sebelum Mengajukan Pinjaman Dana

108 views

Dalam kehidupan, setiap manusia tentu tidak bisa dilepaskan dari uang. Uang seakan menjadi komoditi utama yang selalu berada di pikiran manusia saat ini. Tak jarang orang yang kesulitan dana dan tak sedikit pula orang yang kelebihan dana. Kondisi itulah yang membuat semakin banyaknya lembaga keuangan yang bertujuan untuk menyalurkan dana tunai dari yang kelebihan kepada yang kekurangan, seperti momaju misalnya.
Kebutuhan akan dana yang mendesak kerap kali membuat sebagian besar orang menjadi gegabah dan tidak teliti dalam mengajukan pinjaman. Padahal, ketelitian dalam memperhitungkan kemampuan pengajuan pinjaman merupakan hal yang amat sangat penting untuk dilakukan. Salah satu hal yang dapat Anda perhatikan adalah tenor pinjaman yang diajukan. Lalu, seberapa pentingkah memperhitungkan tenor pinjaman saat Anda meminjam dana tunai seperti di Momaju?
Tenor pinjaman merupakan jangka waktu pinjaman yang akan menjadi durasi pembayaran cicilan Anda setiap periodenya. Penentuan tenor pinjaman biasanya disesuaikan dengan jumlah uang yang Anda pinjamkan kepada lembaga keuangan terkait. Misal, Anda ingin pinjam uang 10 juta melalui platform momaju, maka Anda akan diberikan rincian skema cicilan yang jumlahnya berbeda-beda setiap bulannya tergantung pada tenor pinjaman yang Anda inginkan.
Kebanyakan orang, menentukan tenor pinjaman berdasarkan kemampuan mereka untuk membayar setiap bulannya. Hal tersebut memang tidak salah namun penentuan tenor pinjaman tidaklah seringkas itu. Saat Anda mengajukan pinjaman dana, Anda diharuskan untuk menghitung secara detail jumlah cicilan beserta bunga yang nantinya akan dibebankan kepada Anda setiap bulannya. Ketika tenor pinjaman yang Anda ajukan cukup lama, maka secara otomatis bunga yang dibebankan juga akan semakin besar pula. Jika bunga yang dibebankan semakin besar, maka secara tidak langsung harga uang yang Anda pinjamkan akan lebih mahal dibandingkan saat Anda meminjam dana 10 juta dalam tenor pinjaman yang lebih singkat.
Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menghitung kembali kebutuhan Anda setiap bulannya secara detail dan melakukan penghematan sementara saat Anda meminjam uang. Ketika Anda sudah melakukan hal tersebut, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan tenor pinjaman yang lebih singkat atau dengan kata lain cicilan yang lebih besar setiap bulannya. Hal tersebut mungkin akan terasa sulit, namun jika dilakukan maka Anda dapat meminimalisir beban bunga yang dibebankan kepada Anda sampai cicilan tersebut lunas.

Leave a reply "Pentingnya Memperhatikan Tenor Pinjaman Sebelum Mengajukan Pinjaman Dana"